Bagaimana Cara Kerja Google AdWords?

Google AdWords adalah platform pemasaran internet bayar untuk kinerja yang dikembangkan oleh Google, di mana pengiklan mengajukan tawaran untuk menempatkan iklan pendek, penawaran produk, penawaran layanan, konten video, hasil pencarian, atau konten pada halaman web dengan konten yang relevan. Itu juga dapat menempatkan iklan di aplikasi seluler, situs non-pencarian, dan platform media sosial. Google AdWords adalah program periklanan bayar per klik (PPC), di mana Anda hanya membayar bila seseorang mengeklik iklan Anda.

Sistem Google AdWords memungkinkan pemasar internet memilih dari berbagai penempatan iklan. Penempatan ini mencakup tampilan, tautan teks, iklan gambar, penempatan dalam hasil penelusuran, iklan video, dan tinjauan bersponsor. Google AdWords dapat diintegrasikan dengan fitur periklanan Google lainnya seperti opsi iklan bergambar. Misalnya, jika Anda ingin menjalankan kampanye PPC, Anda juga dapat memilih untuk menjalankan kampanye pencarian Google, kampanye Google adsense, kampanye pencarian situs Google, iklan banner, atau iklan video YouTube.

Iklan bergambar adalah bentuk penempatan AdWords yang paling populer. Mereka memungkinkan Anda menentukan harga per tayangan atau CPM. CPM adalah jumlah yang Anda bayarkan per klik, dan semakin tinggi CPM, semakin banyak Anda akan membayar per klik. Anda ditagih setiap kali seseorang mengklik iklan Anda. Iklan bergambar biasanya ditampilkan dalam hasil pencarian, tetapi dapat ditampilkan di 5 hasil teratas atau di bagian bawah halaman pertama. Anda membayar biaya yang wajar untuk setiap tayangan, tetapi Anda harus mengelola iklan ini dengan tepat.

Iklan teks adalah jenis penempatan AdWords lainnya. Anda dapat menentukan panjang kata maksimum di setiap unit iklan, yang memengaruhi biaya per unit (CPM). Ini juga mempengaruhi tampilan iklan. Jenis format iklan ini biayanya lebih rendah daripada iklan gambar.

Iklan Kustom memungkinkan Anda membuat iklan kustom Anda sendiri. Nama, deskripsi, gambar, dan demografi iklan Anda ditentukan saat Anda membuat kampanye. Kampanye Anda kemudian dikelola oleh Manajemen Google Ads. Anda membayar sedikit biaya untuk setiap kampanye. Anda diizinkan untuk melacak kinerja kampanye Anda menggunakan kode pelacakan Google Analytics yang disediakan dengan akun Anda.

Google AdWords menawarkan beberapa opsi untuk mengontrol tampilan iklan Anda. Anda dapat mengontrol warna teks, warna latar belakang, gaya gambar, bagaimana iklan akan masuk dan keluar dari hasil mesin pencari, jenis tautan apa yang akan dilihat pengguna dan banyak lagi. Semua opsi ini tersedia secara eksperimental, dan tidak ada jaminan untuk keefektifannya. Beberapa pengiklan memilih untuk membatasi berapa kali kata kunci muncul dalam iklan. Google AdWords bisa terlihat rumit, tetapi selama Anda meluangkan waktu untuk memahami cara kerjanya dan kebutuhan spesifik Anda, ini bisa menjadi alat pemasaran yang sangat efektif.